Selamat Datang DI WWW.WACANADHARMA.BLOGSPOT.COM

Sunday, April 24, 2011

ampuhnya nama Tuhan

Belum semua orang menyadari betapa ampuh dan efektifnya praktek mengulang-ulang nama Tuhan. Persyaratan utamanya adalah pikiran, ucapan dan perbuatan yang murni. Nama yang diucapkan melalui lidah haruslah dijadikan sebagai obyek meditasi di dalam batin. Nama yang diucapkan serta yang direnungkan itu haruslah dipuji dengan melalui tepukan tangan. Ketiga bentuk tindakan konsentrasi atas nama Tuhan itu - yang mewakili unity of mind, speech dan action - akan memurnikan hati serta mendorong perasaan bhakti (devotion).

Cinta-kasih merupakan tali-pengikat bagi mereka yang memiliki keyakinan yang sama. Bahkan mereka yang tidak percaya sekalipun haruslah kita cintai dan layani. Cinta-kasih harus termanifestasikan sebagai pelayanan (Seva), yaitu pelayanan kepada mereka yang lapar, hiburan bagi mereka yang sedang bersedih, sakit serta menderita. Yesus mengabdikan kehidupan-Nya dalam pelayanan. Hati yang penuh dengan welas-asih adalah merupakan kuil bagi Tuhan. Yesus mengajarkan kewelas-asihan. Beliau sangat iba terhadap kemiskinan .... Kembangkanlah sifat welas-asih dan hiduplah dalam cinta-kasih. Be Good, do Good and see Good. Inilah jalan untuk menuju kepada Tuhan.
Cinta-kasih menciptakan, memelihara serta mencakupi segalanya. Tanpa adanya cinta-kasih, maka tiada seorangpun yang bisa menyatakan bahwa ia sudah berhasil memahami Tuhan serta hasil karya-karya-Nya, yaitu alam semesta ini. Tuhan adalah cinta-kasih; hiduplah dalam cinta-kasih – inilah petunjuk yang telah diberikan oleh para rishi. Cinta-kasih hanya bisa tumbuh subur di dalam hati yang telah dipersiapkan dengan baik, yaitu hati yang terbebas dari semak-belukar. Untuk mempersiapkannya, maka diperlukan praktek pengulangan nama-nama Tuhan... isilah setiap detik waktumu dengan kekuatan Divine yang dihasilkan melalui pengulangan nama-nama-Nya.


Apabila prinsip tentang cinta-kasih diketahui dan dipraktekkan, maka manusia akan terbebaskan dari rasa khawatir dan takut. Seandainya engkau mengunjungi temanmu di satu kota dan berencana untuk tinggal di sana selama sepuluh hari. Engkau mempunyai sejumlah uang dan takut untuk membawanya ketika berjalan-jalan di kota itu. Jikalau engkau menyerahkan dompetmu agar disimpan oleh temanmu, maka dengan demikian, engkau akan bisa bebas berkeliling ke mana saja tanpa rasa takut bahwa dompetmu akan dicopet ataupun hilang. Nah, dompet tersebut adalah simbolisasi dari cinta-kasih; serahkanlah cinta-kasihmu kepada Tuhan, maka Ia akan membebaskanmu dari rasa takut, khawatir ataupun kegelisahan lainnya.


Dengan berbekal kepercayaan kepada Tuhan, maka engkau akan menjadi semakin yakin terhadap sesamamu. Engkau akan semakin saling mencintai, bertenggang-rasa atau saling bersimpatik atas penderitaan masing-masing dan engkau akan bersama-sama saling berpartisipasi dalam aktivitas pelayanan kepada mereka yang miskin dan tak berdaya. Engkau akan menyadari bahwa Tuhan mencintai semua anak-anak-Nya dan Ia akan mencurahkan rahmat-Nya bagi mereka yang lemah dan terabaikan.
 sai
 

No comments:

Post a Comment