Selamat Datang DI WWW.WACANADHARMA.BLOGSPOT.COM

Tuesday, January 26, 2016

Agama bukan tujuan tapi salah satu jalan menuju Tuhan

Agama saya paling bagus,kitab suci agama saya paling ilmiah.Banyak orang yang meninggikan Agamanya masing-masing.Tapi apa prilaku kita,budi pekerti kita sudah mulia.? Agama bukan tujuan,Tuhan berada diatas agama.Agama hanya salah satu jalan menuju keTuhanan.Tuhan memancarkan anugrah dan berkahnya keseluruh dunia.Jadi jika pun ada dibagian bumi ini yang belum terjamah agama.Anugrah Tuhan tetap bisa di terima.banyak orang beragama tapi tidak berketuhanan.

  Hubungan manusia dengan Tuhan sifatnya pribadi.tidak bisa dinilai dari kereligiusan orangnya.banyak yang berpenampilan religius,berjubah rajin sembahyang,dan melafalkan ayat ayat suci.tetapi dalam prakteknya,banyak yang menyimpang.seperti korupsi,membunuhi manusia dengan dalih agama dan Tuhan.Kalau kita terlalu menuhankan agama,tapi kita lupa Tuhan berada diatas agama.Maka ego merasa agamanya paling baik akan muncul.


Pemahaman kemuliaan dalam agama sudah banyak digantikan dengan dogma dan doktrin ke-Aku-an agama. Banyak kotbah yang berisi ajaran dan aturan-aturan keagamaan, formalitas keagamaan,kewajiban beribadah, dogma dan doktrin tentang amal dan dosa, surga dan neraka, tetapi tidak mengedepankan ajaran budi pekerti, bahkan banyak yang menghasut, memfitnah, menghalalkan segala cara asalkan tujuan "keagamaan" mereka terlaksana. Itulah sebabnya banyak orang yang hidupnya sangat agamis dan fanatis,ternyata perilakunya tidak berbudi pekerti dan jauh dari perilaku mulia, malah banyak yang menjadi musuh kemanusiaan. Akibatnya, banyak orang beragama yang sehari-harinya perilakunya tidak menunjukkan budi pekerti yang baik, karena menganggap urusan agama dan keimanan hanya terkait dengan perbuatan amal, ibadah, pahala dan dosa, dan menganggap budi pekerti hanyalah masalah tradisi sopan santun dan tata krama dalam pergaulan, menganggap budi pekerti hanyalah masalah duniawi yang tidak berhubungan langsung dengan agama.

de ananda.

ampura

No comments:

Post a Comment