Selamat Datang DI WWW.WACANADHARMA.BLOGSPOT.COM

Tuesday, January 26, 2016

Mengklaim Tuhan sebagai milik sendiri

Tuhan yang berkuasa atau semua mahluk ciptaanNya, bukan kita yang berkuasa memiliki atau menguasai Tuhan. Jangan mengklaim Tuhan sebagai milik kita sendiri.Tuhan tidak berada di bawah agama, Tuhan ada di atas agama. Justru agama diberikan supaya manusia dapat mengenal Tuhan.

Sebenarnya kesalahannya tidak terletak pada agamanya, tetapi manusianya. Manusia yang berpikiran dangkal, yang menghayati dan mengamalkan agama hanya secara sempit. Manusia yang menjalankan ajaran agama  berdasarkan kesombongan agama, dogma dan doktrin agama dan fanatisme sempit, ke-Aku-an beragama dan cinta diri, yang menganggap pemikiran dan kata-katanya adalah kebenaran mutlak yang harus diikuti oleh orang lain dan akan mengatai orang lain sebagai murtad / kafir jika tidak sejalan dengan kata-katanya, yang menghalalkan segala cara untuk berkuasa atas agama dan menunggangi agama untuk hasratnya berkuasa dan memaksakan kuasanya itu kepada orang lain.

Segala macam laku ibadah yang kelihatan mata tidaklah dapat dijadikan ukuran keimanan seseorang. Keimanan harus terlihat dari akhlaknya yang baik dan dari perbuatannya yang juga baik, yang mencerminkan manusia yang berpribadi mulia dan berakhlak mulia, yang mencerminkan hidup manusia yang telah mengenal Tuhan.

Dalam prakteknya, agama adalah jalan menuju spiritual. Ada juga yang mendapatkan pencerahan dan memiliki pemahaman yang dalam atas agama setelah melakukan pencarian spiritual. Pencapaian spiritual itulah yang menentukan kedalaman pengetahuan dan kebijaksanaan keagamaan seseorang, tetapi jalan yang ditempuh untuk spiritualitas itulah yang seringkali dipertentangkan orang.

Tujuan diberikannya agama kepada manusia, yaitu supaya manusia mengenal Tuhan-nya, dan hidup sebagai manusia yang sudah mengenal Tuhan, tidak lagi hidup seperti manusia yang tidak mengenal Tuhan, dan untuk menjadi sarana manusia dalam membina hubungan yang pribadi dengan Tuhan-nya.

javanese

No comments:

Post a Comment